Inspirasi Desain Cetak Buku Cerita Anak

Posted on November 22, 2019

Merancang buku cerita anak memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Para desainer dan perancang buku perlu memperhatikan berbagai aspek sebelum membuat dan mencetaknya. Mulai dari konten di dalamnya, konsep yang ingin ditampilkan, ilustrasi, warna, hingga elemen visual. Guna menarik minat baca dan menambah pengetahuan anak, kamu bisa mendesain dan mencetak buku cerita anak dengan inspirasi desain berikut ini:

Minimalis


Buku cerita anak yang minimalis, tentu lebih berfokus pada satu ilustrasi besar atau pattern tertentu. Seperti desain buku Big Red Lollipop. Warna yang digunakan cenderung soft, namun tetap menambah kesan colorful. Selain itu, background hanya sederhana dan menggunakan satu warna, serta tidak ditambah dengan aneka pola yang terlalu ramai. Kamu bisa mencetak buku cerita anak minimalis dengan finishing berupa soft cover maupun hard cover.

Bergaya kartun



Tidak jarang buku cerita anak menggunakan konsep visual bergaya kartun. Pemakaian warna pada konsep kartun bisa bersifat soft, pop, atau bahkan memadukan kedua warnanya. Selain itu, pada bagian ilustrasi tampak menonjol berkat penggunaan lineart dan goresan yang sedikit tajam. Berbeda dengan konsep minimalis, buku cerita anak bergaya kartun justru cenderung terkesan ramai. Apabila ingin mencetak buku anak dengan konsep ini, bisa menggunakan metode finishing hard cover. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan soft cover dengan laminasi glossy.

Berkonsep ‘soft’ dan colorful



Terakhir adalah buku cerita anak bergaya soft dan tetap colorful. Konsep ini hampir serupa dengan minimalis. Akan tetapi, memiliki penampilan yang terkesan cukup ramai. Seperti buku Peppa Pig. Dari ilustrasinya terlihat sederhana, serta menggunakan warna-warna yang cenderung soft dan tetap menonjolkan kesan colorful. Selain itu, biasanya ditambahkan dengan pattern yang dekoratif, agar terlihat ramai dan menarik minat anak untuk membacanya. Jika ingin mencetak buku cerita anak dengan konsep ini, bisa menggunakan jenis finishing hard maupun soft cover dengan laminasi glossy.

Ingin mencetak kebutuhan bisnismu di Gading Serpong? Kamu bisa mengunjungi Instaprint Gading Serpong. Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Gading Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dan lainnya dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Gading Serpong

Ruko Paramount 7CS Blok DF3 no 9. Paramount  Serpong, Gading Serpong, Tangerang

Jam Operasional – Gading Serpong

Mon – Fri : 09.00 – 22.00 WIB

Sat : 09.00 – 20.00 WIB

Sun : Closed

Phone : +62 21 2222 6454

WA: +6287886070918