Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Antara Photo Album dengan Photo Book!

Posted on October 08, 2019


Image credit: Shutterfly (via TechRadar)


Album foto dan photo book terlihat tidak jauh berbeda. Pasalnya, kedua produk cetak ini memiliki kegunaan yang sama, yaitu media untuk menempatkan kumpulan hasil cetak foto. Sebelum ingin mengabadikan momen dengan mencetak kumpulan foto, sebaiknya tentukan dahulu media apa yang ingin digunakan. Apakah ingin dicetak dalam bentuk album foto atau photo book? Meskipun terlihat hampir serupa, keduanya memiliki berbagai macam perbedaan yang wajib kamu tahu. Agar tidak merasa kebingungan, simak ulasan di bawah ini mengenai perbedaan album foto dan photo book.

Pilihan kover

Album foto dan buku foto memiliki pilihan kover yang bisa dikustomisasi. Akan tetapi, album foto biasanya dicetak dengan sampul berbahan tebal. Kover tebal pada album foto bisa berupa lapisan-lapisan kertas, kain kanvas, kulit, dengan opsi laminasi gloss dan matte. Perlu diketahui, album foto juga dapat ditambahkan dengan teknik finishing emboss maupun deboss.

Sementara kover pada buku foto atau photo book biasanya menggunakan bahan tebal maupun yang agak tebal seperti art carton. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa sampul pada produk cetak ini juga bisa memakai bahan kulit atau kain linen.

Jenis kertas

Selain kover, pemilihan jenis kertas keduanya tergolong berbeda. Bagian isi pada album foto biasanya menggunakan kertas foto standar maupun kertas foto berkualitas tinggi seperti lustre photo paper. Kertas lustre terlihat sedikit berkilau dan dilindungi oleh lapisan UV.

Berbeda dengan photo book yang bisa menggunakan bahan kertas standar seperti art carton, art paper, dan lainnya. Kamu bisa memilih teknik finishing, baik itu matte ataupun glossy. Dapat disimpulkan, bahwa pilihan jenis kertas untuk mencetak buku foto tergolong bervariasi dan bahannya bisa kamu kustomisasi sesuai keinginan.

Jumlah foto

Penempatan jumlah foto pada album foto maupun buku foto sebenarnya bergantung pada kebutuhan dan keinginan. Akan tetapi, secara umum, album foto hanya dapat menyimpan jumlah foto secara terbatas. Biasanya, album foto mampu memuat sekitar 30 foto di dalamnya.

Sedangkan jumlah foto yang bisa dimasukkan di photo book pun tidak terbatas. Kamu bisa menempatkan jumlah foto sesuai keinginan. Selain itu, foto-foto tersebut dapat dibentuk seperti kolase maupun hanya dicetak secara utuh.

Ingin mencetak kebutuhan bisnismu di Gading Serpong? Kamu bisa mengunjungi Instaprint Gading Serpong. Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Gading Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dan lainnya dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint Gading Serpong

Ruko Paramount 7CS Blok DF3 no 9. Paramount  Serpong, Gading Serpong, Tangerang

Jam Operasional – Gading Serpong

Mon – Fri : 09.00 – 22.00 WIB

Sat : 09.00 – 20.00 WIB

Sun : Closed

Phone : +62 21 2222 6454

WA: +6287886070918

 

Sumber:

1) https://cewe-photoworld.com/blog/tips-tricks/photo-books-vs-photo-albums

2) http://www.alphavideocalgary.com/blog/differences-between-photo-albums-and-photo-books

3) https://www.mahamerubali.com/perbedaan-photo-album-dengan-buku-photo.html