10 Tips Membuat Tagline Untuk Bisnismu

Posted on March 01, 2022

Tagline adalah kalimat singkat dan mudah diingat untuk tujuan branding sebuah bisnis. Sebuah tagline yang baik akan menjelaskan suatu bisnis secara tepat. Tagline menjadi salah satu faktor penting dalam suatu branding. Karena tagline menjadi sebuah tool marketing untuk meningkat brand awareness. Maka buatlah tagline bisnismu yang cocok dan mudah ditemukan, berikut tipsnya:

  1. Jelas dan singkat

Tagline yang dibuat harus dapat menjelaskan segala sisi bisnis. Mulai dari produk, manfaat, keunggulan, dan tujuan bisnis anda dengan tepat.

  1. Susuaikan dengan produk atau layanan yang ditawarkan

Tagline yang diciptakan, mampu membuat konsumen mudah mengenali produk atau layanan apa yang anda tawarkan.

  1. Tonjolkan keunggulan dan tujuan bisnis

Kamu harus menemukan tonjolan apa yang ingin diunggulkan dalam bisnismu, kemudian buatlah acuan untuk membuat tagline.

  1. Kenali singkat target konsumen anda

Tagline yang dibuat juga harus disesuikan dengan siapa target konsumen anda. Ini akan menjadi cara agar para audiens tahu apakah produk anda ditujukan untuk mereka atau bukan.

  1. Bersifat ajakan

Buatlah tagline bersifat ajakan, alias persuasive. Dengan cara ini cukup efektif untuk bisa mengajak konsumen agar mudah mengingat produk anda.

  1. Lakukan brainstorm

Luangkanlah waktu bersama tim Anda dan lakukan brainstorming. Tulis semua hal yang muncul di pikiran yang berhubungan dengan tagline dan bisnis Anda. Entah itu dari kelebihan, produk, layanan, dan sebagainya. Nah, nantinya dari kata-kata tersebut Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat tagline yang tepat.

  1. Jujur dan apa adanya

Usahakan jujur dan apa adanya pada tagline Anda. Kecuali, jika produk atau jasa Anda memang sudah mendapat sertifikasi tertentu atau penghargaan dari lembaga terpercaya.

  1. Hindari meniru tagline

Tagline adalah sesuatu yang unik dan mempresentasikan brand Anda. Jika Anda meniru tagline dari brand lain secara terang-terangan, konsumen akan mempunyai pandangan buruk pada brand Anda. Anda akan kehilangan orisinalitas dan dianggap sebagai peniru.

  1. Membangun perasaan tertentu

Tagline yang baik adalah tagline yang bisa membuat pembacanya merasakan suatu perasaan tertentu. Entah itu senang, sedih, atau tertawa. 

  1. Perlengkap dengan logo

Apalagi jika Anda ingin mempromosikan tagline tersebut secara visual di berbagai media sosial. Jadi, usahakan untuk melengkapi tagline tersebut dengan suatu logo.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3,Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.

Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Serpong

Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

WhatshApp: 0895-0294-0210

Sumber:

https://www.niagahoster.co.id/blog/tagline-adalah/