Sebuah brand merupakan identitas bisnis, yang mengombinasikan antara desain, logo, slogan, nama, warna, hingga konsep. Kreativitas dan strategi pemasaran yang baik, akan mudah menarik perhatian para pelanggan. Sehingga, brand akan berjalan sukses, asal konsisten dalam mengelolanya. Akan tetapi, membuat brand tidak semudah yang dikira. Ada berbagai hal yang justru sebaiknya dihindari dalam proses branding. Hal apa saja yang harus dihindari dalam proses branding? Cari tahu penjelasannya di bawah ini!
Membuat brand secara spontan karena tren
Di era digital, masyrakat seringkali mengetahui tren kekinian melalui media sosial. Tren yang beredar di media sosial biasanya berasal dari hashtag, story, feed promotion, dan lainnya. Melihat perkembangan tren yang sedang terkenal, membuat para pelaku bisnis memanfaatkannya untuk menciptakan brand baru. Akan tetapi, hindari membuat brand hanya karena mengikuti tren yang ada. Pasalnya, tren bersifat temporer, dan lebih cepat hilang. Usahakan untuk menciptakan brand yang berguna dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di masa sekarang dan masa depan.
Meremehkan brand guideline
Agar sebuah brand terlihat menarik dari segi visual dan konsep, sebaiknya buatlah brand guideline. Jangan salah! Brand guideline terbilang sangat penting di dunia branding lho! Dengan adanya panduan ini, maka sebuah perusahaan mampu mempresentasikan konsep bisnisnya lebih mudah ke klien. Ada beberapa hal yang patut dicantumkan di dalam brand guideline. Mulai dari konsep logo, skema warna yang digunakan, visual, jenis tulisan,elemen desain, hingga perkenalan brand.
Tidak ada perbedaan dengan kompetitor
Meskipun sebuah brand terlihat sama dengan kompetitor, bukan berarti tidak memiliki perbedaan. Brand harus memiliki karakter berbeda, walaupun jenis produk yang ditawarkan serupa dengan pesaing-pesaing bisnis lainnya. Dengan memiliki karakter sendiri, maka dapat membedakan keunikan masing-masing pelaku bisnis atau brand satu dengan yang lain. Masyarakat sekaligus kustomer mudah memahami perbedaan dan ciri khas yang dimiliki oleh sebuah brand.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image credit: https://unsplash.com/@patrikmichalicka
Sumber:
1) https://www.outbrain.com/blog/branding-mistakes/
2) https://www.dreambox.id/blog/avoid-five-mistakes-branding-process/