Salah satu contoh iklan media luar ruangan atau outdoor yaitu, branding mobil dengan menggunakan sticker yang dipasang di beberapa bagian mobil. Dengan branding sticker mobil ini akan membuat jangkauan yang lebih luas. Selain itu, keunikan media ini juga membuat masyarakat mudah mengingatnya. Penerapannya pun terbilang sederhana. Kendaraan akan dibungkus dengan berbagai sticker yang sudah dipotong atau diprint yang disesuaikan dengan bentuk kendaraan tersebut.
Dengan memasang sticker di mobil sebagai branding akan membuat orang yang melihatnya pun langsung tahu kira-kira merek apa yang sedang dipromosikan atau apakah sedang mempromosikan suatu barang atau jasa. Ada beberapa manfaat dari penerapan metode branding mobil / car branding ini. Apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan car branding sebagai strategi pemasaran? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan anda simak informasi berikut ini.
Berikut ini adalah manfaat memasang sticker mobil untuk branding:
Manfaat pertama ketika menggunakan car branding sebagai strategi pemasaran yaitu kamu bisa mulai membangun kesadaran merek. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa kendaraan akan dibungkus dengan stiker berbagai ukuran. Kemudian mobil tersebut dikendarai untuk dijadikan sebagai reklame keliling.
Manfaat kedua yang juga bisa kamu dapatkan dari promosi menggunakan metode car branding ini adalah pemasaran jadi lebih hemat biaya. Dibandingkan kamu harus mencetak stiker dengan berbagai ukuran dan meyebarkannya kemana-mana, metode car branding ini akan menghemat pengeluaran anda.
Dengan menggunakan car branding, kamu hanya perlu berkeliling tanpa perlu memasang iklan dimana-mana. Terlebih lagi metode ini terbukti efektif membuat produk kamu lebih banyak dikenal karena semua orang pun akan melihatnya. Apalagi jika desain pada car branding tersebut benar-benar unik yang semakin memberikan nilai tambah tersendiri.
Manfaat car branding dalam strategi pemasaran yaitu sebagai media promosi berbasis lokal wilayah. Kamu bisa memperkenalkan merek kamu dengan cara berkeliling di wilayah mu dan sekitarnya. Jadi, mobil yang sudah ditempeli atau dibungkus dengan sticker akan berkeliling ke daerah atau wilayah tertentu untuk memperkenalkan mereknya.
Media promosi yang seperti ini lebih efektif dibandingkan kamu harus menempelkan atau menyebarkan sticker kamu kemana-mana. Masyarakat yang melihat car branding seperti ini pun cenderung lebih tertarik dibandingkan harus membaca tulisan di pinggir jalan.
Manfaat branding mobil dalam strategi pemasaran perusahaan adalah dapat menjangkau dan memperluas cakupan audience mu. Tujuan media promosi seperti ini memang bukan sekedar memperkenalkan merek atau produk kamu pada orang lain. Strategi pemasaran menggunakan car branding juga bertujuan untuk memperluas cakupan konsumen kamu.
Kamu bisa berkeliling kemana pun yang menurut kamu memiliki potensi untuk menjadi konsumen terhadap barang atau jasa yang kamu tawarkan. Masyarakat yang melihat merek anda pun akan semakin banyak dibandingkan anda hanya sekedar menempel merek mu di pinggir jalan. Apalagi jika kamu mampu membungkus mobil tersebut dengan desain yang unik dan menarik.
Manfaat selanjutnya yaitu, kemudahan dalam pemasangan materi iklan. Mungkin kamu sering melihat banyaknya iklan di pinggir jalan dengan berbagai ukuran. Pemasangan iklan tersebut tentu bisa membuat masyarakat membacanya meskipun mungkin banyak yang tidak membaca iklan tersebut.
Apalagi jika iklan yang dipasang memiliki ukuran yang kecil. Belum lagi dengan biaya yang harus kamu keluarkan untuk pemasangan iklan tersebut. Di sisi lain, car branding hanya perlu mengemudi berkeliling ke tempat-tempat tertentu. Bedanya, jika pemasangan materi iklan tersebut iklannya diam di satu tempat, namun untuk car branding ini iklannya berjalan sehingga potensi dilihat oleh orang lain bisa lebih besar.
Strategi car branding juga dapat melindungi cat kendaraan anda karena dibungkus oleh stiker dengan ukuran sesuai kebutuhan anda. jadi, cat kendaraan bisa terlindungi dari lecet, jalan kotor, kerikil, dan lain-lain sehingga catnya bisa lebih awet.
Apa itu soft selling? Soft selling merupkan istilah yang mengarah pada proses jual beli yang tidak dilakukan secara langsung. Maksudnya, soft selling merupakan sebuah metode yang mengkomunikasikan kelebihan atau nilai lebih yang dimiliki oleh brand. Metode ini digunakan untuk menyampaikan pesan tersirat dan juga cerita yang meyakinkan orang lain.Biasanya, metode ini menerapkan beberapa cara seperti memberikan sampel, memberikan informasi yang berguna dan relevan, menggunakan gambar yang menarik, serta giveaway. Bahkan metode soft selling ini merupakan cara untuk bisa menghasilkan penjualan tanpa perlu menjual.
Berkaitan dengan beberapa contoh tersebut, car branding bisa menjadi sebuah iklan soft selling yang efektif. Anda bisa membungkus kendaraan anda dengan merek dan kisah inspiratif, sampel, maupun menempelkan gambar yang ikonik dan atraktif.
Manfaat terakhir yaitu, kamu hanya perlu mengeluarkan satu biaya saja untuk penggunaan jangka panjang. Mungkin untuk biaya pemasangan merek pada kendaraan memerlukan biaya yang lebih mahal. Namun juga bisa biayanya malah lebih murah tergantung faktor tertentu. Dengan strategi car branding ini, kamu cukup mengeluarkan biaya sekali dan merek yang ada pada kendaraan tersebut bisa digunakan sampai kapan pun. Berbeda dengan biaya iklan di media lain yang mana kamu harus memperbaruinya atau mungkin menggantinya dengan yang baru dan otomatis harus mengeluarkan dana lagi. Oleh karena itu, car branding memang lebih efektif untuk kamu terapkan sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif dan efisien.
Sticker mobil untuk branding juga memiliki unsur-unsur yang harus diperhatikan, antara lain: