Alasan Percetakan Masih Bertahan di Era Digital

Posted on May 06, 2020

Semakin berkembangnya teknologi, di mana orang-orang memilih untuk menggunakan perangkat digital untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari mempromosikan program dan brand, membaca buku, dan lainnya. Melihat perkembangan itu, banyak orang berspekulasi bahwa kemungkinan industri percetakan akan menyurut. Namun, sampai sekarang percetakan justru semakin maju dengan teknologi memadai. Meskipun kini konsumsi akan media digital semakin meningkat, akan tetapi percetakan digital juga berkembang dengan mencetak aneka produk untuk kebutuhan bisnis.

Dilansir dari Minuteman Press, sebanyak 70 persen orang lebih mudah mengingat suatu brand dari media cetak dibandingkan iklan daring. Perlu diketahui, media iklan yang dicetak dianggap menjanjikan dan dipercaya dibandingkan media iklan dengan platform online. Mengapa demikian? Berikut adalah alasan-alasan mengapa industri percetakan kini semakin kuat untuk kebutuhan bisnis dan peningkatan brand awareness.

Surat fisik lebih menjanjikan

Berdasarkan laporan DMA Direct Mail Response Rate Report, jumlah orang yang merespon surat fisik tergolong cukup banyak dibandingkan dengan respon e-mail yang berkisar 0.12%. Dari data inilah, dapat ditarik kesimpulan bahwa surat fisik yang dikirimkan secara langsung menjadi saluran pemasaran yang populer untuk perkembangan bisnis dan merek dagang. Bahkan 70 persen responden mengatakan bahwa menerima surat yang dicetak dapat dibaca dengan nyaman dibandingkan surat elektronik.

Hemat biaya dan dapat mencetak format besar

Sampai sekarang, industri percetakan dianggap dapat meningkatkan kesadaran merek dagang. Percetakan membantu perusahaan atau bisnis dalam mencapai tujuan utama mereka. Perusahaan mengandalkan percetakan untuk mencetak media promosi berukuran besar seperti banner, LED Box, dan lainnya. Dengan menggunakan media promosi dalam bentuk fisik, maka konsumen lebih mudah mempercayai brand. Selain menguntungkan dari segi promosi, juga menguntungkan perusahaan dari segi warna dan desain yang dicetak. Sehingga orang mudah mengenali brand dari identitas tersebut.

Mencetak produk promosi masih tergolong efektif untuk pemasaran

Selain media promosi berukuran besar, percetakan dapat membantu suatu perusahaan untuk mencetak produk promosi lainnya. Sebut saja seperti kaus, gantungan kunci, stiker, pin, dan lain-lain. Dari sini bisa disimpulkan bahwa percetakan tidak akan mati, melainkan berkembang seiring kebutuhan dan teknologi. Dengan mencetak merchandise promosi, orang-orang dapat menggunakan dan memasangnya di mana pun yang diinginkan. Agar terlihat menarik, produk cinderamata tersebut perlu menampilkan logo dan visual yang kreatif.

Tertarik ingin mencetak produk di Instaprint BSD? Kamu bisa mengunjunginya di Ruko Versailles Blok FB No. 22, Jl. Wortel I, Rawa Buntu, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten. Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file ke Instaprint BSD melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint BSD, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.

Instaprint BSD

Ruko Versailles Blok FB No. 22, Jl. Wortel I, Rawa Buntu, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten 15318.

Jam Operasional – BSD

Mon – Fri: 09.00 – 22.00 WIB

Sat: 09.00 – 20.00 WIB

Sun: Closed

Ph: 021-2223-5462

WhatsApp: +62 813-5676-7898


Sumber:
https://minutemanpressfranchise.com/news/2019/02/07/is-print-dead-or-dying-3-reasons-why-the-printing-industry-is-as-powerful-and-effective-as-ever-in-marketing-your-business-and-establishing-brand-awareness/