Perubahan desain logo pada suatu perusahaan merupakan hal yang wajar dilakukan. Berbagai macam reaksi diungkapkan oleh masyarakat atau konsumen. Ada yang setuju, ada juga yang merasa kurang sreg dengan perubahan logo. Namun, mengubah logo sebenarnya tidak dilakukan secara sembarangan, karena memiliki alasan internal. Apa saja alasan sebuah perusahaan mengubah desain logo? Berikut ulasannya.
Adanya tindakan akuisisi
Strategi akuisisi atau merger seringkali dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, untuk terus mengembangkan bisnisnya. Buat yang belum tahu, akuisisi atau merger merupakan kombinasi dua atau lebih perusahaan, yang menyatu menjadi satu brand. Dari hasil akuisisi, tidak jarang perusahaan melakukan desain ulang logo. Biasanya, desain logo hasil akuisisi menggabungkan logo perusahaan satu dan perusahaan dua.
Tampilan logo lama yang terlalu kuno
Perlu kamu tahu, desain visual terutama logo terus mengalami perkembangan. Jika dulunya desain logo sebuah perusahaan terlihat usang, maka perusahaan akan menggantinya dengan desain ala kekinian. Akan tetapi, desain logo yang baru harus dilakukan secara matang. Mulai dari pewarnaan, jenis font, hingga elemen grafis. Di samping visual, logo baru dianggap mampu menyesuaikan perkembangan sosial ekonomi. Contoh brand yang menggunakan alasan ini adalah PayPal dan Instagram.
Memperluas target pasar
Jangan salah. Ada juga perusahaan yang melakukan redesign logo, karena ingin memperluas pangsa pasarnya. Perubahan logo dengan alasan ini, juga termasuk salah satu strategi untuk meningkatkan bisnis. Misalnya, logo suatu perusahaan yang dulu hanya menggambarkan pangsa pasar tertentu. Seiring perkembangan zaman, kondisi target konsumen mengalami perubahan yang dinamis. Maka, perusahaan mengganti desain logonya yang terlihat lebih universal.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image credit: https://unsplash.com/@pawel_czerwinski
Sumber:
https://www.topbrand-award.com/2020/02/mengapa-harus-rebranding/