Begini Cara Membangun Identitas Produk

Posted on March 10, 2021

Dalam membangun sebuah bisnis tentu diperlukan niat dan tekat yang kuat, selain itu tentu dalam membangun sebuah bisnis diperlukan tim yang kompak agar dapat memaksimalkan pemasaran dan agar membuat produk menjadi dikenal oleh pangsa pasar. Salah satu cara yang perlu dilakukan agar produk dikenal adalah dengan cara membangun identitas produk. Hal ini dilakukan agar para calon monsumen dapat langsung mengenali produk dari bisnis hanya melalui merek. Nah, jika Anda ingin membangun identitas merek bisnis dapat menggunakan cara berikut ini.

Inilah beberapa cara guna membangun sebuah identitas sebuah merek dalam bisnis Anda:

1. Strategi dan Konsep Yang Matang

Sebelum produk dikeluarkan oleh perusahaan, tentu harus membutuhkan konsep dan strategi yang matang. Hal ini dilakukan, agar bisa menghasilkan branding yang kuat. Maka dari itu, setelah produk siap dipasarkan maka diperlukan pembentukan tim dalam menciptakan promosi produk. Untuk menciptakan hal tersebut digunakanlah product identity. Bisa dengan melihat merek, logo hingga tagline produk tersebut. Inilah yang dinamakan identitas suatu produk untuk branding

2. Mencari Berbagai Macam Referensi

Dalam membangun sebuah produk tentu dibutuhkan berbagai macam referensi dari berbagai sumber. Hal ini dalukan agar bisa memadukan berbagai ide dan konsep sehingga menghasilkan sebuah identitas produk yang dirancang dengan baik. Untuk mencari referensi bisa dilihat melalui produk-produk yang sudah terkenal kemudian dikonsep ulang agar menciptakan nilai baru.

3. Tunjukkan Kelebihan Produk

Saat memilih produk atau brand tentunya Anda akan memilih yang terbaik. Maka dari itu, tunjukkan kelebihan dari identitas merek yang dipromosikan dengan cara menampilkan keunggulan merek mulai dari proses membuat hingga pengemasan. Hal ini dapat berpengaruh pada proses keputusan pembelian konsumen. Karena, konsumen yang telah mendapat banyak informasi mengenai produk menjadi lebih percaya, dan bahkan dapat merekomendasikan produk tersebut kepada orang di sekitarnya.

4. Memberikan Nilai Yang Berbeda

Identitas dibuat agar sebuah produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan memiliki nilai. Nilai ini bisa berupa estetika, ukuran dan harga. Maka hal tersebut yang akan menjadikan suatu produk bisa berbeda dengan produk dari perusahaan lainnya. Selain itu, penilaian ini juga didasarkan pada persepsi masyarakat.

Nilai merek produk ini menjadi lebih berkesan jika konsumen yang memberikan review. Bisa dengan memberikan sampel atau promosi dari produk yang akan dipasarkan, atau juga dengan memberikan kalimat sederhana sebagai tagline produk agar mudah diingat, serta pemberian merek unik untuk suatu produk.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

WhatshApp:0895-0294-0210
Sumber: https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-identitas-produk/