Brosur sering digunakan sebagai salah satu strategi para pelaku usaha untuk memasarkan produk agar lebih dikenal. Sifatnya yang mudah dibawa dan disimpan serta bisa dibagikan ke masyarakat langsung dapat meningkatkan kemungkinan proses pemasaran. Namun, tak sedikit masyarakat tertarik untuk membaca setiap brosur yang telah di terima. Maka dari itu buatlah media pemasaran brosur ini menarik, seperti:
1. Memahami target pasar
Sebelum membuat brosur, ada baiknya pengusaha mengetahui siapa target pasar dari produk yang ditawarkan. Hal ini berkaitan dengan bagaimana desain brosur dan gaya bahasa yang akan digunakan. Brosur yang baik, mengerti dengan tepat siapa sasarannya.
2. Berpegangan pada AIDA AIDA
merupakan singkatan dari Attention (Perhatian), Interest (Ketertarikan), Desire (Keinginan), Action (Aksi). Jika pembaca cukup tertarik, maka akan memiliki keinginan untuk mendapatkan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh brosur tersebut. Sementara aksi, adalah tindakan secara spesifik pembaca dalam mendapatkan produk, misalnya dengan menghubungi nomor yang tertera atau datang ke alamat toko.
3. Tidak menampilkan foto gedung perusahaan di dalam brosur
Pembuat brosur sebaiknya tidak menggunakan lahan brosur untuk sesuatu yang tidak diinginkan oleh calon pembelinya. Akan lebih baik jika menampilkan gambar produk yang ditawarkan alih-alih menampilkan foto gedung perusahaan.
4. Sertakan keuntungan yang didapat ketika membeli produk
Calon pembeli yang memutuskan untuk tertarik atau tidak dengan produk yang ditawarkan di dalam produk. Untuk itu, didalam brosur perlu disertakan keuntungan yang bisa pembeli dapatkan jika membeli produk atau jasa yang ditawarkan melalui brosur tersebut.
5.Tampilkan headline dan grafik yang dibutuhkan pembeli
Kemungkinan pembeli memutuskan untuk membaca lebih lanjut brosur hanya beberapa detik. Buatlah headline yang menarik untuk membantu meningkatkan ketertarikan pembeli untuk membaca lebih lanjut.
6. Buat tampilan brosur nampak profesional
Desain brosur juga memegang peran penting dalam menarik perhatian pembaca. Gunakan layout yang rapi, gambar yang mudah dilihat, jenis font yang menarik dan mudah dibaca.
7. Buat materi brosur fokus dalam satu penawaran
Penerima brosur tidak akan banyak membuang waktu mereka untuk membaca brosur dalam watu yang lama. Fokuskan tulisan pada tujuan brosur tersebut dibagikan, yaitu penawaran produk.
8. Sertakan alasan mengapa pembaca harus menggunakan produk sekarang juga
Seperti menyertakan bahwa dengan membeli produk dan jasa secepatnya akan mendapatkan potongan harga khusus atau voucher untuk digunakan dalam pembelian selanjutnya.
9. Tambahkan penawaran garansi
Bangun kepercayaan calon pembeli dengan menyertakan fasilitas garansi untuk produk yang ditawarkan.
Sedang mencari percetakan terdekat di Serpong untuk mencetak produk kebutuhanmu? Instaprint Serpong adalah jawabannya. Sebagai salah satu percetakan berkualitas di Serpong, lokasi Instaprint Serpong juga tergolong strategis.
Apabila memiliki kendala waktu atau sibuk, juga bisa mengirimkan file melalui WhatsApp, e-mail, hingga sistem penyimpanan cloud seperti Google Drive, WeTransfer, atau Dropbox. Pengiriman juga bisa dilakukan melalui Go Send atau Grab Send. Di Instaprint Serpong, kamu bisa mencetak produk kebutuhan bisnis dengan bahan dan hasil berkualitas.
Instaprint Serpong
Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten
Jam Operasional – Serpong
Mon – Fri : 08.00 – 00.00 WIB
Sat : 08.00 – 16.00 WIB
Sun : 13.00 – 21.00 WIB
P: +62 21 5312 3479
P: +62 21 5312 3489
WA: +62 813-1919-9188
Sumber:
https://tirto.id/tips-membuat-brosur-yang-menarik-dan-efektif-ed5F