Di tengah pandemi, tidak sedikit pengusaha yang gugur, karena mengalami kekurangan pendapatan. Agar bisnismu tidak mengalami penurunan, kamu bisa mencobanya dengan mempertahankan loyalitas pelanggan. Perlu kamu tahu, mempertahankan pelanggan lama memang terkesan mudah dibandingkan mencari target konsumen baru. Namun, perilaku konsumen kini mengalami perubahan selama pandemi. Beberapa ada konsumen yang hilang, atau ada juga yang masih bertahan. Bagaimana cara mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah pandemi? Simak caranya di bawah ini.
Tunjukkan Bentuk Kepedulian
Penting bagi setiap pebisnis untuk menunjukkan kepedulian terhadap konsumen, maupun yang terdampak selama pandemi. Dilansir dari Sirclo, dalam sebuah riset menunjukkan bahwa 55% konsumen turut berbangga, jika brand membantu komunitas yang terdampak pandemi. Sebagai pebisnis, kamu perlu meningkatkan pentingnya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan bisnis. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan kepedulian bisnismu selama pandemi, dengan mengampanyekan program donasi untuk tenaga medis atau orang-orang yang kekurangan finansial.
Beradaptasi dengan Perubahan Perilaku Konsumen
Poin ini penting untuk diperhatikan oleh setiap pebisnis. Selama pandemi, banyak konsumen yang kehilangan minat untuk membeli suatu barang yang tidak terlalu perlu. Kebanyakan dari mereka memprioritaskan untuk kebutuhan pokok seperti makanan dan produk-produk kesehatan. Apabila kamu ingin mendorong konsumen untuk membeli produkmu, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi dan perilaku konsumen selama pandemi. Misalnya dengan cara memberikan diskon besar-besaran, menawarkan freebies berupa masker, menjual produk-produk yang kini dibutuhkan, dan lainnya.
Manfaatkan Kehadiran Media Sosial
Selama pandemi, penggunaan teknologi kini dimaksimalkan. Termasuk digital marketing seperti media sosial salah satunya. Manfaatkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Kamu bisa mengunggah konten-konten menarik, yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misalnya membuat konten promosi, kuis, dan konten interaktif lainnya. Agar hubungan dengan audiens semakin baik, balas juga komentar maupun DM mereka, serta melakukan repost konten pelanggan yang menampilkan produk atau brand kamu.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber:
https://www.sirclo.com/5-cara-menjaga-loyalitas-konsumen-selama-pandemi/
https://www.hashmicro.com/id/blog/menjaga-loyalitas-konsumen-saat-covid-19/