Customer service merupakan divisi yang berperan penting dalam perusahaan karena berhubungan langsung dengan customer. Tak jarang, customer service sering dianggap sepele, meski begitu sebenarnya pekerjaan customer service memiliki banyak fungsi dan peran yang dapat membantu perusahaan dalam meningkat customer. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki customer service yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaannya yang melayani customer atau calon pembeli dengan baik, maka akan menjadi nilai tambah dalam pelayanan untuk perusaahan tersebut.
Agar dapat memberikan kinerja yang baik, setidaknya sebagai customer service kamu harus menguasai beberapa skills berikut ini:
1.Komunikasi
Kemampuan berkomunikasi dengan baik saat bekerja sangat dibutuhkan untuk customer service, karena jika kamu mengalami miskomunikasi kepada pelanggan akan membuat pelanggan kapok dan kecewa dengan pelayana yang kamu berikan.
2. Pengetahuan tentang produk atau jasa pada perusahaan terkaitPengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan sangatlah penting untuk diingat, dihafal, dan dipahami hingga sedetail mungkin. Tanpa mengetahui tentang detail produk atau jasa perusahaan, kamu akan kesulitan jika ada customer yang bertanya. Maka dari itu, kamu perlu mengetahuinya dengan baik
3. Time managementCustomer service yang baik harus tau cara memecahkan masalah dengan waktu yang efesien karena itu perlu mengelola waktu dengan baik.
Terkadang customer service juga berada diposisi harus menawarkan produk atau jsa dalam suatu perusahaan. Dalam menawarkan ini kamu butuh teknik persuasi untuk menjual produk atau jasa yang ada di dalam perusahaan.
Seorang customer service juga harus memiliki kemampuan untuk berempati. Kemampuan ini dibutuhkan agar kamu bisa memahami perasaan dan kebutuhan pelanggan dengan tepat sehingga kamu bisa menyusun pesan dan respon yang sesuai dengan masalah mereka.
Customer Service yang baik dicerminkan dalam beberapa prinsip utama yang harus dipegang oleh karyawan yang mengemban profesi ini. Hal ini supaya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Tahukah kamu bahwa konsumen telah mengidentifikasi bila kompetensi menjadi elemen yang penting untuk mewujudkan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Oleh karena itu, untuk menjadi kompoten seorang Customer Service harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang perusahaan, produk dan memperbaiki masalah pelanggan.
Pelanggan juga ingin agar Customer Service bersikap proaktif terhadap barang yang mereka pesan. Sehingga apabila ada barang yang tertunda untuk tidak dikirim sebaiknya Customer Service bersikap proaktif untuk memberitahu dan menjelaskan masalahnya.
Interaksi yang dipersonalisasi bisa meningkatkan layanan pelanggan serta memberitahu kepada pelanggan bahwa perusahaan peduli terhadap mereka.
Pelanggan kerap kali ingin terhubung dengan Customer Service melalui saluran manapun yang paling nyaman bagi mereka. Oleh karena itu, tawarkan saluran komunikasi yang paling diandalkan kepada pelangganmu.
Upmosphere Creative
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3, Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.
Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Jalan M.H. Thamrin No.28CDE, RT.002/RW.002, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
WhatshApp: 0895-0294-0210