Instagram kini menjadi wadah pembuatan konten, yang digandrungi oleh banyak orang di dunia. Dengan menggunakan platform tersebut, para kreator bisa berkreasi sesuai dengan kreativitas masing-masing dalam membuat sebuah konten. Membuat konten di Instagram bisa berupa visual, teks, hingga video. Nah, buat yang baru memulai membuat konten untuk feed di Instagram, tentu bertanya-tanya mengenai elemen apa saja yang harus dimasukkan dalam post tersebut. Ingin tahu elemen apa saja yang harus ada di post Instagram kamu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!
Kalimat informatif dan edukatif
Buat yang ingin membuat konten edukatif, tentu harus melibatkan teks-teks bersifat informatif. Biasanya, jenis post di Instagram yang menggunakan kalimat informatif adalah infografis maupun sekadar teks. Akan tetapi, infografis terkesan lebih menarik dan banyak dilirik oleh para pengguna media sosial.
Kamu perlu menyiapkan tema yang akan dibahas. Setelah itu, tentukan judul yang menyesuaikan dengan tema tersebut. Akan tetapi, pemilihan judul perlu memberikan kesan edukatif, bukan bersifat quote atau wording seperti copywriting. Selain itu, keterangan di dalam post harus singkat dan padat informasi. Pesan yang disampaikan harus mudah diterima pembaca dan tidak terkesan ganjil.
Copywriting atau wording
Selain konten yang bersifat informatif, ada juga yang menggunakan elemen copywriting. Berbeda dengan teks yang informatif atau edukatif, copywriting merujuk pada pemilihan kata yang bersifat persuasif. Bukan hanya mengajak pengguna untuk membacanya, namun juga membujuknya untuk membeli produk sebuah brand.
Unsur kalimat copywriting memang terlihat sedikit rumit, karena kamu perlu mengasah tingkat kreativitasmu. Pemilihan kata juga harus terlihat sepadan dengan konsep brand. Konten yang mengandung elemen copywriting bisa diolah dengan sekadar teks, maupun diletakkan di sisi tertentu pada visual.
Elemen visual
Berikutnya adalah elemen terpenting yang harus ada di konten Instagram. Dengan adanya visual, maka konten dapat menarik perhatian para pengguna Instagram dengan cepat. Elemen visual bisa berupa apa saja seperti ilustrasi, desain, video, maupun fotografi. Biasanya, ada konten yang hanya menggunakan elemen visual tanpa teks seperti konten coffee shop, bisnis makanan dan minuman, fesyen, dan lain-lain. Jangan lupa, selaraskan tone warna visual pada feed dengan konten lainnya, agar terlihat sejajar dan rapi.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere