Bagi generasi muda saat ini, media sosial sudah menjadi konsumsi utama di era digital. Bagaimana tidak? Setiap hari generasi milenial menghabiskan waktunya di media sosial, untuk berselancar mencari konten yang sedang hangat dibicarakan. Bukan hanya konten-konten berupa gambar atau foto, melainkan berita pun juga didapatnya dari media sosial. Mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, hingga Facebook.
Pernyataan ini diungkapkan dalam sebuah survei Maverick Indonesia mengenai pola konsumsi berita generasi muda. Survei ini melibatkan 435 responden muda berusia 18-32 tahun di Jakarta dan Bandung. Dilansir dari Detik, terungkap hasil bahwa Instagram menjadi sumber informasi bagi 89% responden. Sementara 77% responden mengakui bahwa mereka memperoleh informasi terbaru dari YouTube. Kemudian 54% sisanya menggunakan news aggregator seperti LINE Today.
Perbedaan generasi tentu mengubah kebiasaan dalam mengonsumsi berita. Apabila generasi X ke atas mengandalkan pada satu sumber informasi, sementara generasi Y dan Z mencarinya di berbagai sumber yang ada di platform media sosial. Karen Kusnadi, Manager Analytics Maverick Indonesia menyatakan pendapatnya mengenai pola konsumsi berita ala generasi milenial. Menurutnya, berita yang kredibel, cepat, dan ringkas adalah yang dipertimbangkan oleh generasi milenial.
“Mereka suka yang formatnya pendek dan banyak visual. Untuk konten yang panjang atau indepth, selama gaya bahasanya bisa menyesuaikan, ada visual dan video, audiens tetap akan baca itu," ujar Karen yang dikutip dari Detik.
Karen juga melanjutkan bahwa generasi milenial lebih kritis dalam menyerap informasi. Mereka cenderung mencari informasi dari berbagai media. Adapun ciri lainnya yang menjadi kebiasaan mereka dalam mencari berita melalui media sosial. Kebanyakan generasi milenial memilih format berita pendek dan memiliki banyak visual. Selain itu, mereka juga cenderung membaca berita yang memiliki gaya bahasa kekinian dan tidak terlalu baku.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber:
https://inet.detik.com/cyberlife/d-5297101/89-gen-y-dan-z-cari-berita-dari-instagram-77-dari-youtube