Bisnis kuliner kekinian memang menjanjikan di tengah pandemi. Tidak sedikit masyarakat Indonesia menekuni bidang bisnis ini. Selama era New Normal, bisnis UMKM bidang kuliner mengalami perkembangan yang pesat. Setiap bulannya, muncul varian kuliner yang mendadak viral. Sebut saja seperti ayam geprek, kopi 1 liter, kopi susu kekinian, rice box dengan aneka sambal, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang ingin memulai bisnis kuliner kekinian, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini dahulu.
Fokus pada satu jenis kuliner
Sebelum mendirikan bisnis kuliner kekinian, alangkah baiknya kategorikan jenis kuliner yang ingin dijual. Apakah ingin menjual dessert, rice box, minuman kopi, boba, atau jenis kuliner lainnya. Kamu perlu mencari tahu spesialis kulinermu di mana. Setelah mengetahuinya, barulah kamu bisa mengembangkannya menjadi bisnis kuliner kekinian. Berfokus pada satu jenis kuliner juga memudahkanmu dalam mengelola bisnisnya. Bahkan, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk bahan-bahan.
Memanfaatkan sistem delivery secara daring
Di era New Normal, sebagian besar usaha kuliner menggunakan online delivery seperti GoFood dan GrabFood. Hal ini agar konsumen tetap dapat menikmati hidangannya di rumah, dan terhindar dari penyebaran virus berbahaya. Selain itu, konsumen juga mudah dalam memesan makanan yang diinginkannya. Hal menarik lainnya jika kamu menggunakan sistem pengiriman secara online adalah, mampu menjangkau konsumen secara luas dan mudah.
Promosi dengan media digital
Ini adalah poin penting untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan brand awareness. Gunakan media digital untuk sarana pemasaran seperti media sosial, website, blog, dan iklan digital (Instagram Ads, Google Ads, Facebook Ads, dan lainnya). Apabila belum memiliki modal cukup untuk mengiklankannya, kamu bisa membuat konten-konten menarik di media sosial gratis seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan Twitter. Di awal, buatlah konten promosi yang eye catching, guna menarik konsumen baru.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber:
https://blog.sribu.com/id/hal-penting-berbisnis-jajanan-kekinian/