Para pelaku usaha perlu mendistribusikan sebuah konten secara konsisten dengan ketepatan strategi hingga waktu rilis. Maka dari itu sangat penting peran content planning dalam pemasaran digital yang dibutuhkan dengan berisi langkah-langkah pembuatan program marketing social media. Kertahuilah bisnis dengan memiliki perencanaan yang baik pasti akan lebih mampu berkembang optimal hingga mencapai target.
Manfaatkanlah tools sosial media bisnis untuk kelancaran usaha. Misalkan melacak level konversi dari halaman akun bisnis. Kemudian manfaatkan juga platform iklan kekinian seperti facebook dan Instagram.
Bagi Anda yang sedang mengembangkan pemasaran ke sosial media bisnis. Mungkin sebelumnya telah memiliki data base pelanggan. Misalkan usia, nama, jenis kelamin, alamat, nomor telepon ataupun email pelanggan. Hal ini cukup bermanfaat untuk menentukan kategori platform apa yang efektif.
Sekarang media sosial memiliki cukup banyak kategori, sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, bahkan Tiktok pun berguna untuk bisnis. Setiap platform memiliki keunikan algoritma marketing bisnis. Serta minat dan gaya user yang berbeda pula.
Lebih efektif jika Anda memilih satu atau dua media yang paling cocok dengan strategi bisnis. Pertimbangkan mana di antara Instagram dan Tiktok yang kemungkinan engagement pasar dengan produk Anda lebih terbangun.
Pada awal memulai usaha lewat sosial media, setidaknya siapkan 1 jam waktu per harinya. Persiapkan pula materi untuk promosi sebagai senjata eksistensi bisnis. Memahami kondisi psikologis pasar merupakan bagian dari strategi content planning.
Target pasar sangatlah penting, maka dari itu carilah informasi lain seperti jangkauan demografis. Agar lebih lengkap, berikan perhatian atas hobi dan minat terbesar dari audiens. Pengusaha harus memposisikan cara pandang sebagai konsumen. Kemudian dalami kembali apakah yang diri konsumen harapkan dari produk.
Sosial media bisnis memiliki tools untuk mencari topik konten yang relevan. Manfaatkan tools tersebut untuk membuat content planning. Sekedar mengikuti tren tanpa paham cara eksekusi, sama halnya dengan sia-sia. Tampilkan sesuatu yang unik dan relevan, jangan hanya murni fokus terhadap produk.
Semakin relatable konten bagi audiens, mereka tidak segan membagikan karya Anda, memberi komen, ataupun like. Perencanaan membuat Anda mengetahui semua reaksi dari audiens. Sehingga kedepannya bisnis tidak akan kehilangan formula tepat pemasaran.
Bukan tidak mungkin berkat konsistensi posting konten. Audiens berubah menjadi followers di akun sosial media bisnis. Keterikatan emosi terhadap brand produk, sudah tentu menghasilkan aksi seperti pembelian penawaran produk.
Kepercayaan dari audiens muncul bukan secara instan. Maka dari itu perencanaan waktu posting konten. Menunjukkan pada khalayak jika Anda serius membangun brand awareness. Calon konsumen pun merasa lebih aman dan nyaman memilih produk Anda. Berikan lebih banyak informasi seputar brand, jasa, dan produk.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3,Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.
Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Serpong
Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
WhatshApp: 0895-0294-0210
Sumber:
https://www.dart.biz.id/pentingnya-content-planning-untuk-akun-sosial-media-bisnis/