Kenali tipe-tipe Pelanggan Untuk Meningkatkan Pelayanan

Posted on July 13, 2021

Dalam sebuah bisnis, kamu harus mengenali tipe-tipe customer atau pelanggan mu. Dalam menjalankan bisnis, pelayanan terhadap pelanggan tentu akan berpengaruh pada hasil penjualan . Dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan, baiknya memahami karakter pelanggan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal dan sesuai dengan karakter.

Nah, kali ini kita akan membahas tipe-tipe customer atau pelanggan yang wajib kamu ketahui untuk mengoptimalkan pelayanan mu. Berikut ini adalah beberapa tipe-tipe customer, yaitu:

  1. Tipe pendiam

Tipe pelanggan yang pendiam biasanya tidak banyak bicara, kecuali jika lawan bicara memulai pembicaraan. Mereka biasanya akan fokus mencari produk yang mereka butuhkan. Menghadapi pelanggan dengan tipe ini, kamu bisa memulai pembicaraan dengan hal-hal ringan. Mencari tau tentang ketertarikan mereka, sehingga bisa membuat pelanggan menjadi percaya.

 

  1. Tipe Cerewet

Pelanggan dengan tipe seperti ini biasanya sangat aktif untuk berbicara. Mereka biasanya mudah diajak bicara dengan santai dan seringkali merasa dekat dan karab dengan penjual. Untuk menghadapi tipe ini, kamu bisa membiarkan mereka untuk aktif bicara dan kamu menjadi pendengar yang antusias. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai.

 

  1. Tipe Hemat

Tipe pelanggan ini, seringkali mengutamakan untung dan rugi dari pembelian suatu produk. Mereka biasanya akan sangat detail dengan produk yang mereka akan beli. Kamu perlu mengutamakan kelebihan produk dan fitur ketika berhadapan dengan pelanggan tipe ini.

  1. Tipe Arogan

Pelanggan dengan tipe arogan biasanya tidak mau menerima pendapat orang lain, dan merasa bahwa pendapat mereka saling benar. Untuk menghadapi pelanggan tipe ini kamu harus menyiapkan mental jika pendapat mu terus di sanggah. Kamu juga harus tetap tersenyum dan ramah agar pelanggan tipe ini tetap tenang.

  1. Tipe Impulsif

Pelanggan dengan tipe ini biasanya akan lebih mudah membeli produk tanpa melihat fungsi dan kebutuhan. Cara menghadapi tipe pelanggan seperti ini, kamu dapat melakukan cara yang optimis mengenai produk tersebut. lakukan komunikasi yang positif dan optimis, maka akan membuat pelanggan tipe ini merasa hebat.

Itu dia, beberapa tipe customer atau pelanggan yang harus kamu tau agar dapat menanganinya sesuai karakter mereka.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3, Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.

Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

WhatshApp: 0895-0294-0210

Sumber:

https://www.idmarco.com/blog/post/5-tipe-pelanggan-dan-cara-menghadapinya