Lakukan 9 Strategi Ini Dalam Mengatasi Komplain Pelanggan!

Posted on December 24, 2021

Pelanggan adalah penentuan maju atau tidaknya suatu bisnis. Maka dari itu, para pelaku bisnis harus memberikan pemuasan dari cara memasarkan produk hingga kualitas pada produk yang terjual. Namun, tak dipungkiri para pelaku bisnis akan merasakan keluhan dari para pelanggan. Untuk mengatasinya pun harus memiliki eksta kesabaran, sehingga tidak menyebabkan permasalahan lainnya. Seperti, membuat pelanggan berpindah ketoko lain hingga sampai tersebar ke media social. Hal itu membuat citra nama baik bisnismu akan menjadi rusak.

Bagi pelaku bisnis atasilah keluhan yang anda dapati dengan baik dan jadikan keluhan tersebut sebagai alat untuk membuat usaha kamu semakin berkembang. Karena bagaimana pun keluhan yang diberikan pelanggan itu juga memiliki tujuan yang baik untuk kemajuan usahamu juga. 

Adapun strategi yang bisa dilakukan dalam menangani keluhan dan komplain pelanggan, seperti berikut:

1. Tanggap Menangani Keluhan
2. Tunjukkan Rasa Empati 
3. Meminta Maaf dan Bersikap Solutif
4. Menjalin Kerjasama dengan Pelanggan
5. Ulasan Positif Jika Masalah Terselesaikan
6. Jadikan Komplain Sebagai Evaluasi
7. Ucapkan Terima Kasih pada Pelanggan atas Komplain
8. Cari Tahu Motif Pelanggan
9. Tingkatkan Kualitas

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3,Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.

Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

WhatshApp: 0895-0294-0210

 

Sumber:

https://blog.qasir.id/tips/9-cara-atasi-keluhan-dan-komplain-pelanggan-demi-kemajuan-usahamu