Apabila kamu termasuk yang paling sering berkelana di dunia media sosial, tentu tidak asing dengan meme. Pasalnya, meme seringkali muncul dalam bentuk video singkat maupun gambar lucu. Kehadiran berbagai gambar dan video lucu di dunia maya, sanggup membuat remaja-remaja kekinian tertawa dan terhibur. Sampai sekarang budaya meme masih populer dan terus berkembang mengikuti tren. Sebenarnya apa sih arti dari meme itu sendiri?
Dilansir dari Saintif, kata “meme” diperkenalkan pertama kali pada 1976 oleh Richard Dawkins di buku karangannya, yang berjudul The Selfish Gene. Istilah ini sebenarnya digunakan untuk menyebutkan konsep evolusi budaya modern. Sehingga, meme disebarluaskan melalui budaya modern, musik, gagasan, gaya busana, gaya rambut, dan lainnya. Salah satu kutipan Dawkins berikut ini mencerminkan tentang makna istilah meme:
“Meme membiakkan diri di dalam lumbung meme dengan meloncat dari otak ke otak melalui suatu proses yang dalam arti luas bisa disebut imitasi” – Richard Dawkins (The Selfish Gene, Bab 11, dilansir dari Saintif.com)
Maksud dari kutipan di atas adalah bahwa meme dapat mempengaruhi orang lain dan menyebar secara meluas. Misalnya terdapat sebuah adegan film. Ketika adegan film itu terasa bagus dan lucu untuk dijadikan bahan obrolan, maka adegan akan diputar secara berulang-ulang. Kemudian, banyak orang merekam atau meng-capture menjadi gambar, sekaligus menambahkan kalimat agar terkesan jenaka. Setelah itu, adegan film tersebut menjadi popular dan disaksikan oleh banyak orang di internet.
Namun, budaya meme tidak hanya dinikmati oleh kalangan remaja, melainkan dewasa. Popularitas dari budaya ini, melahirkan beberapa situs yang menampilkan informasi seputar meme kekinian. Situs-situs yang dimaksud adalah 9Gag, Know Your Meme, 1Cak (Indonesia), Cheezburger, MemeCenter, dan lainnya. Selain itu, meme juga dibagi menjadi berbagai jenis. Ada yang memang jenaka mengundang gelak tawa, menyindir subjek atau isu tertentu, dan cringe yang malah membuat kesal.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image credit: https://unsplash.com/@mbaumi
Sumber:
https://kumparan.com/millennial/fenomena-meme-ada-yang-lucu-hingga-gengges-1tXt4wsDiSO/full
https://saintif.com/apa-itu-meme/