Apa itu Sales Funnel? Sales funnel atau saluran penjualan adalah setiap langkah yang harus diambil seseorang untuk menjadi pelanggan Anda.
Mari kita lihat corong penjualan konvensional.
Orang-orang di bagian atas tahapan penjualan berjalan melewati toko Anda. Beberapa orang yang tertarik dengan produk atau layanan Anda memutuskan untuk masuk ke toko, itulah salah satu tahapan dan akan membawa pada tahapan penjualan berikutnya.
Seorang pelanggan melihat rak buku saat mencari pulpen. Dia membolak-balik rak, sekarang mereka berada di tahapan lain berikutnya. Kemudian pelanggan memilih empat buku dan satu pulpen dan berjalan ke kasir. Mereka ada di langkah terakhir. Jika semuanya berjalan dengan baik, mereka menyelesaikan pembelian dan mencapai inti utama dari tahap penjualan, yaitu pembelian.
Proses yang sama ini berlaku untuk setiap bisnis dengan satu atau lain cara. Saluran penjualan Anda bisa berupa:
Sales funnel apa pun dapat menjadi bagian dari seluruh saluran penjualan Anda. Dan tahapan penjualan Anda mungkin tersebar di beberapa saluran.
Mengapa sales funnel penting?
Sales funnel Anda menggambarkan jalur yang diambil prospek atau calon pelanggan Anda.
Memahami tahapan tersebut dapat membantu Anda menemukan lubang dalam setiap tahapan yang perlu Anda improvisasi – tempat prospek keluar dan tidak pernah berkonversi.
Jika Anda tidak memahami sales funnel dalam bisnis, Anda tidak dapat mengoptimalkannya. Kami akan membahas secara spesifik tentang cara kerja dalam setiap tehapan penjualan di bawah ini, tetapi untuk saat ini, pahami bahwa Anda dapat memengaruhi cara pengunjung bergerak melalui tahapan dan apakah mereka pada akhirnya menjadi pengguna ata pembeli (melakukan konversi).
Cara Kerja Sales Funnel
Meskipun ada banyak kata yang digunakan untuk mendeskripsikan tahapan sales penjualan yang berbeda, kami akan membahas empat istilah paling umum untuk menjelaskan bagaimana setiap tahapan bekerja saat konsumen beralih dari pengunjung ke prospek menjadi prospek ke pembeli.
Seorang pengunjung mendarat di situs web Anda melalui pencarian Google atau tautan sosial. Dia sekarang adalah prospek. Pengunjung mungkin melihat beberapa posting blog Anda atau menjelajahi daftar produk Anda. Pada titik tertentu, Anda menawarkan dia kesempatan untuk mendaftar ke daftar email Anda.
Jika pengunjung mengisi formulir Anda, dia akan menjadi lead atau prospek. Anda sekarang dapat memasarkan ke pelanggan di luar situs web Anda, seperti melalui email, telepon, atau teks – atau ketiganya.
Prospek cenderung datang kembali ke situs web Anda saat Anda menghubungi mereka dengan penawaran khusus, informasi tentang entri blog baru, atau pesan menarik lainnya. Mungkin Anda juga bisa menawarkan kode kupon.
Sales funnel menyempit saat pengunjung melewatinya. Ini sebagian karena Anda akan memiliki lebih banyak prospek di bagian atas tahapan daripada pembeli di bagian bawah, tetapi juga karena perpesanan Anda harus semakin lebih tertarget.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Jalan M.H. Thamrin No.28CDE, RT.002/RW.002, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143. Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Jalan M.H. Thamrin No.28CDE, RT.002/RW.002, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
WhatshApp: 0895-0294-0210
sumber:
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-sales-funnel/