Pentingnya Tagline untuk Produk Bisnis Kamu

Posted on February 03, 2021

Kamu pasti pernah mendengarkan kalimat “Satu Untuk Semua”? Ya, tentu kalimat ini mengingatkan kita ke salah satu stasiun TV swasta SCTV. Tagline yang digunakan SCTV menjadi populer di Tanah Air. Nah, tahukah kamu bahwa di dalam dunia bisnis, tentu saja dibutuhkan sebuah teknik marketing atau pemasaran yang kuat dan berkarakter.

Untuk membuat produkmu lebih dikenal tentu tidak bisa hanya dibiarkan begitu saja di pasaran. Namun, tentu ada upaya-upaya yang harus kamu lakukan dengan strategi marketing dan melakukan teknik pemasaran yang tepat. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menaikkan pangsa pasar menjadi lebih tertarget lagi sehingga bisa memperoleh banyak keuntungan dalam dunia bisnis yang kamu jalankan.

Misalnya saja salah satu langkah pasti yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pangsa pasar sebuah produk adalah dengan cara membuat taglineTagline atau slogan tentu saja menjadi salah satu hal yang secara tidak langsung menjadi sebuah konsep dari strategi marketing sebuah produkmu.

Tagline dibutuhkan untuk bisnis apa pun, baik untuk offline marketing maupun online marketing, termasuk toko-toko online yang saat ini sedang menjamur dan bisnis startup. Nah, apakah kamu sudah paham apa itu tagline dan kenapa tagline itu penting?

Tagline merupakan kalimat singkat dan mudah diingat untuk mendukung langkah promosi dalam berbisnis. Sebuah tagline yang baik akan menjelaskan suatu bisnis secara tepat. Dengan adanya tagline ini bisa menjelaskan perusahaan atau brand kamu secara keseluruhan. Tagline biasanya muncul berdampingan dengan logo dan digunakan untuk membedakan bisnis kamu dengan kompetitor lainnya. 

Tagline dibuat untuk merepresentasikan perusahaan atau brand secara keseluruhan. Dalam membuat Tagline nggak bisa asal-asalan, tagline kamu harus menarik & benar-benar menggambarkan bisnis atau produk kamu.

Apa saja yang harus kamu perhatikan dalam membuat tagline? Simak berikut ini penjelasannya.

1. Buat Tagline Semenarik Mungkin

Cara membuat tagline adalah harus singkat dan pastinya menarik. Bedakan tagline dengan deskripsi produk. Pemilihan Tagline sebaiknya tidak panjang dan orang lebih mudah untuk ingat. Terlebih lagi jika menarik maka akan lebih mudah dikenal. Pada intinya harus singkat, padat dan jelas.

Supaya bisa lebih mudah diingat dan diterima dengan baik oleh pelanggan maka hendaknya membuat tagline semenarik mungkin dan mudah diingat. Bahkan sebaiknya usahakan untuk membuat tagline yang unik. Hal ini dilakukan agar lebih mudah untuk diingat oleh pelanggan bahwa tagline tersebut adalah produk yang Kamu jual.

2. Tonjolkan Keunggulan

Langkah berikutnya terkait cara membuat tagline tentu saja harus menonjolkan keunggulan dari sebuah produk yang kamu miliki dibandingkan perusahaan lainnya. Dalam hal ini Kamu harus menekankan keunggulan dari produk yang dijual melalui slogan atau tagline tersebut sehingga bisa terlihat unggul daripada produk yang dipasarkan oleh pesaing.

3. Pastikan Tagline Sesuai Dengan Kualitas Produk

Dalam membuat slogan atau tagline sebuah produk maka pastikan bahwa semua itu harus merefleksikan produk secara jujur. Artinya Kamu tidak boleh berlebihan namun harus sesuai kualitas produkmu yang sejujurnya. Hal ini diharapkan agar tagline tidak menipu konsumen dengan kualitas produk aslinya.

4. Tagline Harus Menekankan Komitmen Perusahaan

Di samping itu, dalam membuat slogan pastikan juga untuk lebih menekankan pada komitmen perusahaan. Walaupun sudah banyak produk sejenis yang menjual produk seperti Kamu, namun tentu saja komitmen akan berbeda dengan pesaing. Nah, dalam hal ini Kamu harus bisa memanfaatkan semua itu dengan baik.

 

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

WhatshApp: 0895-0294-0210

Sumber: https://www.dreambox.id/blog/5-cara-membuat-tagline-kuat-menarik-untuk-bisnis/