Pada sebuah usaha atau bisnis, salah satu hal yang penting dan harus kamu perhatikan adalah menentukan target market. Target market bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu, promosi, penetapan harga, dan tentunya memudahkan proses distribusi suatu produk. Bagaimana cara menentukan target market? Yuk, simak beberapa penjelasan di bawah ini.
Segmentasi Demografik
Segmentasi demografik merupakan hal yang paling mendasar dan terpenting dalam pembuatan target market. berikut pengelompokkan demografik berdasarkan pada:
Dari pengelompokkan di atas ini inilah kamu bisa mengetahui apakah produk atau brand yang akan kamu pasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut atau tidak. Seperti contohnya jika produk yang akan kamu pasarkan berupa skincare untuk remaja, kamu tidak akan memasarkannya kepada perempuan dewasa yang berumur 30-40 tahun melainkan kepada wanita berumur 14-20 tahun.
Segmentasi Geografik
Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah. Adapun hal-hal yang mendasarinya adalah:
Segmentasi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan masing-masing para target market, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand kamu.
Segmentasi Psikologi
Dalam segmentasi ini, kamu akan membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi ini dibagi menjadi masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya.
Nah, itulah 3 segmentasi penting untuk membentuk dan menentukan target market yang sesuai dengan produk dan brand mu. Kamu dapat mempelajari segmentasi tersebut dan mulai menentukan target market mu.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Serpong, Lt.3, Jl. M.H. Thamrin No. 28CDE Serpong, Tangerang – Banten.
Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
WhatshApp: 0895-0294-0210
Sumber:
https://glints.com/id/lowongan/menentukan-target-market/#.YPkqf477TIU