Dalam suatu pekerjaan, kerja sama tim sangat diperlukan. Pasalnya, bekerja di perusahaan tidak dapat dilakukan secara sendiri. Dengan menciptakan hubungan kerja sama yang baik dalam tim, maka suatu pekerjaan dapat mencapai kesuksesan. Perlu diketahui, setiap anggota tim juga tidaklah sama. Sehingga, diperlukan rasa saling menghargai dan menerima satu sama lain, agar bisa saling mengenal dengan baik. Lalu, bagaimana cara bisa bersinergi dengan satu tim? Yuk, lakukan tips berikut ini!
Membangun rasa saling percaya
Tidak jarang dalam sebuah tim kerja terjadi ”sikut-sikutan”, di mana sesama rekan tidak saling percaya. Hal ini biasanya terjadi karena keinginan untuk kenaikan jabatan dan gaji. Hingga akhirnya satu tim bekerja secara individual tanpa memperhatikan rekan lainnya. Maka dari itu, pemimpin dalam tim sebaiknya memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan masing-masing anggotanya. Selain itu, terapkan SOP dalam pembagian tugas dan tanggung jawab, agar menimbulkan rasa percaya satu sama lain dan keseimbangan hidup dalam bekerja.
Menghargai perbedaan
Penting sekali untuk menghargai perbedaan pandangan atau pendapat sesama rekan dalam tim. Pasalnya, kita sebagai manusia tidak dapat dituntut untuk menjadi sama. Setiap orang memiliki cara berpikir dan pandangan yang berbeda dalam bekerja secara tim. Apabila dapat menerima keputusan, yang telah disimpulkan dari pendapat-pendapat tim, maka nilai kedewasaan tim mulai terlihat. Jika pendapat tidak diterima, alangkah baiknya tidak perlu berkecil hati dan berlapang dada atas keputusan pandangan yang diambil oleh satu tim.
Berkomunikasi secara intensif
Komunikasi menjadi salah satu nilai penting yang harus diperhatikan, guna menumbuhkan kerja sama dalam tim yang baik. Tidak semua orang berani untuk berkomunikasi dalam tim, sehingga diperlukan pemikiran terbuka antar anggota. Dengan begitu, orang yang awalnya tidak terbiasa berkomunikasi, menjadi berani untuk mengungkapkan pendapatnya. Perlu diketahui, berkomunikasi secara intensif seperti meeting, dapat memecahkan masalah dan melakukan koordinasi tugas yang sesuai dalam satu tim. Selain itu, komunikasi juga penting guna meningkatkan empati antar anggota.
Melakukan kegiatan bersama
Guna menjaga hubungan yang baik antar anggota dalam tim, lakukan kegiatan kebersamaan yang menyenangkan. Misalnya mengadakan trip di luar kegiatan kantor, outbound, olahraga, makan bersama atau buka puasa bersama, dan lainnya. Dengan begitu, hubungan satu tim akan terbentuk dengan baik dan kerja sama pun menjadi lebih solid. Coba bayangkan, bagaimana jika tidak mengenali sesama anggota dalam tim kerja? Tentu akan sulit untuk berkoordinasi dalam bekerja sama.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image credit: https://unsplash.com/@hannahbusing
Sumber:
https://www.duniakaryawan.com/cara-membangun-kerja-tim/
https://www.finansialku.com/cara-membangun-kerja-sama-tim/
https://ceraproduction.com/blog/tips-ampuh-menjaga-kekompakan-kerja-tim-di-kantor/