Buat yang belum tahu, copywriting adalah seni menulis yang ditujukan untuk memancing pembaca merespon terhadap sebuah tulisan. Misalnya tulisan untuk iklan, media sosial, konten website, slogan, tagline, sampai headline. Berbicara soal headline, memang bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Membuat headline memerlukan waktu yang tidak singkat, karena kamu butuh research padanan kata yang sesuai, agar pesannya tersampaikan dengan baik ke khalayak. Bagaimana cara membuat headline copywriting yang bagus? Ikuti tipsnya berikut ini.
To-the-point dan sederhana
Membuat copywriting headline untuk kebutuhan perusahaan agak berbeda dengan headline berita. Jenis headline ini menggunakan kata yang langsung merujuk ke tujuan sebuah brand. Tidak perlu terlalu panjang dan hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele. Buatlah kalimat yang sederhana, serta memiliki pesan yang mudah dimengerti oleh banyak orang atau target konsumen. Bahkan kamu juga bisa mengawalinya hanya dengan sebuah pertanyaan.
Biarkan fakta yang berbicara
Bingung mencari kalimat atau padanan kata yang cantik? Kamu bisa menggunakan ide ini untuk pembuatan headline lho. Pasalnya, jenis headline ini mirip dengan judul berita di koran dan media online. Kamu hanya perlu mencari tahu fakta yang menarik tentang klien atau suatu perusahaan. Tidak hanya fakta unik, melainkan tujuan, manfaat, konsep perusahaan juga bisa dijadikan judul. Pilih dan ramu kata-kata yang dianggap menarik dan mampu meningkatkan brand awareness.
Menggunakan sentuhan emosional
Copywriting bukan hanya menulis untuk menyampaikan pesan ke khalayak. Akan tetapi, copywriting yang baik adalah yang mampu memunculkan emosional dari pembacanya. Apabila judul dapat memancing emosi, maka khalayak akan tertarik untuk membaca sampai akhir dan menggali informasi seputar brand tersebut lebih dalam. Misalnya, “Pancarkan aura kecantikan dari dalam hati”, “Kesehatan demi kesejahteraan hidup manusia.”
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Sumber:
https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/bagaimana-membuat-headline-copywriting-yang-memikat