Menjalankan sebuah brand, memerlukan berbagai hal untuk menunjang kebutuhan bisnis. Termasuk membuat logo sebuah brand. Logo perusahaan harus dirancang semenarik mungkin, dan mudah diingat oleh konsumen. Sayangnya, membuat logo yang baik memang tidaklah mudah. Sehingga, kamu perlu mengetahui informasi dan tips-tips seputar membuat logo yang benar untuk sebuah brand. Ingin tahu tips mendesain logo brand? Yuk, cari tahu tipsnya di bawah ini!
Pelajari teori tentang logo
Sebelum merancang sebuah logo perusahaan, sebaiknya cari tahu dulu informasi seputar logo. Mulai dari teori pemakaian warna, jenis tulisan, elemen grafis, hingga makna-makna dari setiap elemen desain. Dengan memahami teori soal logo, maka mempermudah dalam mendalami pembuatan logo yang sukses dan efektif untuk para pembacanya. Pasalnya, logo tida bisa dibuat sembarangan. Logo perusahaan yang baik dan sukses harus mengandung makna yang konseptual.
Terlihat sederhana dan mudah diingat
Ini adalah poin tips terpenting dalam membuat logo. Seperti contoh beberapa brand yang tergolong sukses, logo dibuat dengan bentuk sederhana dan mudah diingat oleh masyarakat. Meskipun sederhana, namun logo tersebut harus memiliki konsep dan makna kuat. Sehingga, klien akan semakin mempercayai brand milikmu ketika dipresentasikan. Selain itu, gunakan sesuatu (elemen grafis, ilustrasi, warna, jenis tulisan) yang unik dan belum ditiru oleh logo brand lain.
Lihat kompetitor atau brand lainnya
Sebelum merancang logo, sebaiknya cari tahu logo kompetitor atau merek dagang lainnya. pasalnya, jika terjadi persamaan logo, maka akan berbahaya untuk bisnis yang sedang dijalankan. Secara otomatis, konsumen kehilangan kepercayaan pada brand dan menganggapnya sebagai produk “KW”. Maka dari itu, kamu harus observasi logo-logo perusahaan yang pernah dipakai melalui internet, siaran TV, spanduk sepanjang jalan, dan lainnya.
Tambahkan tagline yang sesuai
Agar logo brand terkesan menarik, tambahkan tagline singkat tapi ngena. Banyak orang tidak hanya mudah mengingat brand lewat logo, namun juga melalui sebuah tagline. Seperti poin di atas, untuk membuat tagline, cari banyak referensi tagline brand di berbagai media. Selain itu, kuasai konsep, visi dan misi perusahaan, serta produk yang ditawarkan. Dengan begitu, kamu akan mudah membuat tagline yang sesuai tujuan perusahaan.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere