Brand alias merek merupakan tampilan dari bisnis kamu. Jadi, hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum menentukan nama brand dari perusahaan adalah memilih nama yang belum pernah digunakan perusahaan lain. Sehingga nantinya nama yang telah ditentukan tidak digunakan oleh perusahaan lain.
Cara mengetahui nama brand sudah digunakan atau belum, kamu bisa mencari di kolom pencarian Google dengan merek yang kamu ingin gunakan. Karena jika kamu menggunakan merek yang sama dengan perusahaan lain, kamu bisa saja terkena pelanggaran hak cipta sehingga produk kamu kalah saing atau tidak sesuai dengan target konsumen. Supaya lebih aman lagi, kamu bisa mencari informasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual untuk memastikan apakah nama brand yang dipilih belum pernah dipakai.
Dengan memilih nama unik yang kamu pakai di brand kamu, tentu membuat konsumen tertarik dengan brand kamu. Nama-nama yang unik dapat mampu membuat merek tersebut bertahan selama puluhan tahun lamanya dan tak akan tergeser oleh produk serupa karena memiliki tingkat brand awareness yang sangat kuat.
Dan perlu kamu ketahui jika membuat nama unik, buatlah satu sampai dua kata saja yang sesuai dengan produkmu. Namun pastikan kamu menghindari pemilihan nama dengan konotasi yang bersifat negatif. Karena pemilihan nama yang buruk ini nantinya akan mempengaruhi citra dari sebuah bisnis kamu.
Memilih nama produk yang unik memang menjadi tips penting. Namun seunik apapun nama brand yang kamu pilih, haruslah mudah didengar sekaligus mudah diucapkan. Karena dengan brand yang mudah diucapkan, orang lain juga akan mudah ingat dengan nama brand kamu.
Memiliki produk dengan nama yang unik, singkat dan menjual memang adalah hal utama. Namun kamu jangan sampai lupa bahwa nama brand tersebut haruslah menggambarkan produk yang kamu tawarkan. Dengan menyesuakan nama merek produk terhadap target konsumen, tentu akan sangat membantu dalam hal pemasaran.
Secara logika nama brand yang berupa singkatan memang sangat mudah untuk diingat. Akan tetapi fakta nya nama untuk brand yang menggunakan singkatan harus dihindari. Karena singkatan ini memiliki dampak yang bersifat negatif. Di mana calon konsumen yang baru pertama kali mendengar nama dengan singkatan akan merasa bingung.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
WhatshApp: 0895-0294-0210
Sumber: