Tips Memilih Jasa Endorsement untuk Brand

Posted on May 08, 2020

Di era digital, perkembangan teknologi untuk memasarkan produk dan jasa semakin maju. Banyak pelaku bisnis menggunakan platform media sosial seperti Instagram guna meningkatkan brand awareness, sekaligus mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan. Maraknya pemasaran dengan media sosial, muncul istilah endorsement. Bagi yang belum tahu, jasa endorser merupakan jasa untuk me-review produk dan jasa bisnismu lewat konten, baik feed maupun stories. Sebelum menggunakan jasa endorsement, ikuti tips di bawah ini terlebih dahulu:

Perhatikan keaslian followers

Ini adalah poin terpenting yang harus kamu amati di akun endorser. Meskipun para endorser memiliki jumlah pengikut dan like yang tidak sedikit, belum tentu jumlah tersebut asli. Cukup banyak akun palsu di media sosial seperti Instagram, yang menyatakan bahwa mereka adalah endorser terpercaya. Sayangnya, pengikut tersebut berasal dari akun pengikut yang tidak aktif alias akun palsu. Penting untuk kamu lihat beberapa profil akun para pengikut di endorser, serta jumlah likes di setiap feed yang diunggahnya. Perhatikan juga mengenai perbandingan jumlah likes dengan jumlah pengikut tersebut.

Sesuaikan dengan produk / jasa yang ditawarkan

Pilihlah endorser yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalnya produk makanan. Kamu perlu memilih endorser yang suka mengunggah konten-konten berupa makanan dan minuman seperti food blogger, food vlogger, fotografer makanan, hingga competitive eater semacam mukbang. Hal ini karena para endorser sudah berpengalaman di bidang tersebut, sesuai minat, dan tampak alami. Review-nya pun juga tidak akan terlalu dibuat-buat.

Harga harus sesuai dengan budget

Sebelum menyewa jasa endorser untuk meningkatkan kegiatan promosi, periksa budget yang dimiliki oleh bisnismu terlebih dahulu. Perlu diketahui, semakin terkenal endorser, maka biaya endorsement-nya akan semakin mahal. Tarif setiap endorser juga berbeda-beda. Kisarannya adalah mulai dari Rp, 50.000 sampai jutaan juga ada. Tidak selalu biaya, ada juga endorser yang menggunakan sistem barter dengan barang. Biasanya yang menggunakan sistem barter merupakan endorser yang masih pemula dan jumlah pengikutnya belum terlalu banyak.

Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.

Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?

Upmosphere Creative

Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229

E-mail: upmospherecreative@gmail.com

Instagram: @upmosphere

 

Sumber:

https://rencanamu.id/post/you-have-to-see-this/berapa-tarif-endorse-di-media-sosial

https://digitalentrepreneur.id/5-tips-memilih-endorser-instagram-tepat/?bot_test=1

https://koinworks.com/blog/jasa-endorsement-dari-influencer/