Pernahkah kamu merasa bingung menentukan atau mengetahui niche kontenmu seperti apa? Hal ini termasuk wajar dalam dunia konten. Sebelum membuat sebuah konten, ketahui dahulu niche yang diinginkan. Namun, penentuan niche untuk konten kembali kepada keputusan content creator. Kali ini, kita bahas bagaimana cara menentukan niche konten yang sesuai di bawah ini.
Buat Daftar Topik
Apabila kamu merasa bingung dengan niche untuk konten, cobalah untuk membuat sekitar 10 topik. Topik-topik ini bisa berdasarkan pengamatan di lapangan maupun ketertarikanmu. Namun, topik tersebut juga harus disesuaikan dengan pengalaman, penguasaan kemampuan, maupun pengetahuan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi. Dari 10 topik, barulah kamu bisa mengerucutkannya hingga menjadi 1 topik yang pasti.
Amati Selera dan Kebutuhan Pasar
Ini adalah poin penting yang harus diperhatikan selama menentukan niche. Coba untuk mengamati keinginan dan kebutuhan pasar sesering mungkin. Jangan hanya karena ingin mendapatkan cuan, kamu menentukan niche konten yang tidak sesuai dengan ketertarikan dan kemampuanmu. Selaraskan topik konten dengan penguasaanmu. Kamu juga bisa mencari-cari informasi kebutuhan pasar melalui grup di media sosial dan forum.
Mencari Referensi dari Berbagai Media
Pernahkah kamu mendapatkan inspirasi membuat konten dari berbagai media seperti TV, radio, buku, koran, hingga majalah? Selain dari media sosial, kamu bisa menemukan niche dan apa yang diinginkan oleh audiens melalui media cetak dan media siar. Dilansir dari PanduanIM, niche yang potensial biasanya didapatkan secara tidak sengaja. Namun, bisa juga bahwa niche tersebut merupakan keahlianmu.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image: https://unsplash.com/@aaronweiss
Sumber: