Media sosial bukan hanya menjadi wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dalam sebuah komunitas. Kini, jejaring sosial dimanfaatkan oleh para pebisnis maupun pengusaha untuk menawarkan produk dan jasanya. Seperti olshop atau online shop salah satunya. Belakangan ini, banyak ditemukan akun jualan olshop di media sosial seperti Instagram. Buat kamu yang mengelola sebuah olshop penting untuk memiliki media sosial dalam menjangkau target audiens. Bagaimana tips bagi pengusaha untuk mengelola akun media sosial olshop-nya? Simak penjelasannya di bawah ini.
Pasang Foto Profil dengan Produk Terbaik
Sebenarnya, kebanyakan orang lebih mengetahui akun media sosial suatu bisnis dari fotonya. Foto bisa berupa logo maupun produk-produk unggulan bisnis tersebut. Buat kamu yang memiliki online shop, bisa mencoba untuk mengganti foto profil dan sampul di media sosial seperti di Facebook sebulan sekali. Ubah foto dengan produk unggulan dari bisnismu, agar audiens tertarik untuk membeli produkmu.
Berinteraksi dengan Audiens
Tips kedua ini sangat penting dilakukan untuk setiap penjual online shop. Guna membangun brand yang baik, sering-seringlah berinteraksi dengan audiens. Caranya bermacam-macam. Kamu bisa membuat konten interaktif seperti kuis, voting, bikin pertanyaan, hingga merespon tanggapan dan pertanyaan mereka dengan cepat. Apabila konsumen kamu adalah mayoritas anak muda, bisa menggunakan bahasa yang santai dan disertai dengan emoji.
Gunakan Metode Marketing Flash Sale
Jika kamu ingin meningkatkan penjualan online shop dengan cepat, tips ini bisa menjadi pilihannya. Coba untuk mengadakan program penawaran menarik berupa promosi di akun media sosial. Misalnya program bebas ongkir setiap pembelanjaan dalam waktu beberapa hari. Alternatif lainnya adalah program beli 1 gratis 1 atau beli 2 gratis 1. Selain itu, gunakan bahasa penawaran yang baik dan tepat, agar audiens dapat mencerna maksud dari informasi program tersebut.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image: https://unsplash.com/@georgiadelotz
Sumber:
https://kreativv.com/genk-story/tips-kelola-akun-medsos/2/
https://dailysocial.id/post/10-tips-sukses-jualan-online-jejaring-sosial