Menjalani sebuah usaha bukanlah suatu yang mudah, apalagi untuk mereka yang sedang berjuang merintis dari nol. Butuh keberanian dalam menanggung resiko dan usaha keras untuk membangunnya. Dalam membangun bisnis atau usaha, kamu memerlukan strategi dan riset yang mendalam agar tidak salah dalam menentukan target market mu. Lakukanlah penelitian terlebih dahulu dari segi market, tempat, dan hal unik apa yang akan menjadi senjata mu dalam menjalankan ide usaha tersebut.
Saalah satu ide bisnis yaitu, usaha makanan. Usaha makanan kini sudah banyak dari mulai makanan ringan sampai makanan berat. Namun, kamu tidak boleh pantang menyerah dan putus asa. Kamu bisa membuat ide baru dengan resep khas yang menandakan identitas makanan mu. Kamu harus mempunyai ciri khas yang beda agar dapat menampilakn ke unikan dari makanan mu.
Berikut adalah beberapa tips untuk mulai membangun usaha makanan mu:
Saat ini, bisnis makanan sangat menjamur, dari yang berbentuk café, kedai, food terrace, bahkan restoran. Ketatnya persaingan saat ini memang menjadi salah satu alasan dilakukannya riset sebelum memulai suatu bisnis makanan. Melakukan riset memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya dilakukan untuk menentukan sasaran penjualan serta guna mengetahui risiko dan pesaing terkuat. Sangat penting untuk mengetahui saingan terkuat, tujuannya adalah agar usaha selalu meningkat dan menjaga kesetiaan pelanggan.
Setelah survei atau riset dilakukan, akan diketahui tempat yang dirasa sangat strategis untuk menjalankan bisnis makanan. Apakah memilih di tempat ramai seperti food terrace, atau bahkan dengan membangun bangunan sendiri di suatu pusat kota atau pusat wilayah kampus. Semuanya perlu pertimbangan yang matang dan serius. Jika membangun atau membeli bangunan terasa memberatkan, bisa juga menggunakan cara menyewa bangunan yang dibayar secara tahunan. Dengan menyewa mungkin dirasa lebih menghemat pengeluaran. Atau juga bisa dilakukan dengan menggunakan food truck. Seperti halnya di luar negeri yang saat ini sangat marak upaya penjualan makanan dengan menggunakan kendaraan. Hal ini justru lebih mudah, karena dapat berpindah di manapun dan lebih fleksibel, atau bahkan mungkin lebih irit. Ketika bisnis makanan terasa mengalami kemajuan yang sangat pesat, tak ada salahnya jika membuka outlet baru di wilayah yang berbeda untuk keperluan ekspansi usaha. Selain membuka outlet lain, langkah lainnya juga bisa dilakukan dengan sistem franchise agar usaha lebih mudah diperluas hingga lokasi di luar kota atau bahkan luar pulau.
Merencanakan bisnis dapat dikatakan sebagai hal yang krusial. Dengan melakukan perencanaan bisnis, dapat meminimalisir ketidakefisienan, khususnya dalam hal modal. Merencanakan bisnis dengan matang akan membuat bisnis lebih terarah. Misalnya dari sisi keuangan, jika direncanakan secara matang akan membuat seluruh anggaran terbentuk secara sempurna, tidak akan ada pengeluaran yang dirasa akan sia-sia karena tidak tepat sasaran. Selain itu, rencana bisnis untuk target usaha juga memiliki peran yang sangat penting. Memiliki target usaha akan memotivasi agar Anda selalu melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Merencanakan target dengan para karyawan akan membuat bisnis mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.
Menjalankan bisnis makanan yang tergolong tidak mudah memang membutuhkan penganggaran yang matang. Terutama untuk makanan yang memiliki masa konsumsi sangat singkat, sangat memerlukan penganggaran yang matang untuk menghindari makanan yang akan membusuk karena tidak terjual. Selalu realistis dalam menganggarkan pengeluaran untuk penjualan makanan juga sangat diperlukan. Modal yang dimiliki harus bisa menutupi seluruh kebutuhan yang dibutuhkan.
Konsumen Bisnis makanan, menu juga salah satu hal yang sangat penting. Dengan mengetahui menu yang disajikan, calon pembeli tidak akan ragu saat membeli. Selain itu, melakukan perencanaan terhadap menu yang akan dijual juga akan menambah nilai plus usaha. Saat uji coba menu makanan juga dapat meminta tolong pada beberapa orang untuk menilai apakah menu tersebut layak untuk dijual ataukah tidak. Mencatat dan memperhatikan kritik saran yang diberikan saat uji coba menu makanan agar dapat memperbaiki struktur dan cita rasa agar makanan lebih diterima di lidah para calon pembeli. Selain itu, jangan ragu untuk melakukan modifikasi dengan menu yang telah ada sebelumnya, agar calon pembeli selalu merasa penasaran dan merasa segar terhadap menu yang dijual.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Jalan M.H. Thamrin No.28CDE, RT.002/RW.002, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143. Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Serpong, Lt. 3 Jalan M.H. Thamrin No.28CDE, RT.002/RW.002, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143.
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
WhatshApp: 0895-0294-0210
Sumber:
https://money.kompas.com/read/2020/02/15/190000026/tips-usaha-k