Selama pandemi, bisnis kuliner mengalami peningkatan. Selain meningkat, pola konsumen dan pebisnis juga berubah dan tidak seperti sebelumnya. Semua tempat makan membatasi jumlah pengunjung, dan memprioritaskan pemesanan online. Buat konsumen, kini harus memesan makanan secara online maupun take away jika berkunjung. Apa saja tren bisnis kuliner yang sedang berkembang selama pandemi? Simak ulasannya berikut ini.
Menggunakan Media Sosial untuk Promosi
Selama pandemi, platform digital dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berbisnis. Salah satunya adalah media sosial. Berhubung di rumah saja, para pelaku UMKM memanfaatkan media sosial untuk sarana promosi dan komunikasi dengan konsumen. Ada berbagai cara untuk mempromosikan bisnis kulinermu dengan media sosial. Di antaranya adalah mengunggah konten foto produk, berkomunikasi dengan audiens lewat membalas DM dan komentar. Selain itu, media sosial juga dapat menjangkau konsumen secara luas.
Makanan Beku Semakin Meningkat
Jenis kuliner yang kini dijual selama pandemi juga mengalami perubahan. Jika sebelumnya banyak makanan siap saji, kini makanan beku dan ready to heat yang justru banyak beredar. Mengingat masyarakat terpaksa untuk beraktivitas di rumah, mereka memilih kuliner yang siap masak atau dipanaskan. Baik makanan beku maupun ready to heat, keduanya terbilang praktis. Cocok bagi yang sibuk bekerja di rumah dan tidak memiliki waktu banyak untuk memasak.
Berkembangnya Layanan Pesan Antar dan Take Away
Sebelum pandemi, layanan ini banyak digunakan oleh orang-orang yang memiliki waktu padat atau belum sempat keluar rumah. Namun, saat pandemi, take away dan pesan antar semakin marak diterapkan oleh setiap pelaku bisnis kuliner. Hal ini mengingat tren bisnis kuliner secara daring akan semakin meningkat.
Dilansir dari Lalamove, 84% konsumen dari survei McKinsey mengungkapkan bahwa konsumen semakin niat menggunakan layanan pengiriman atau pemesanan daring dari restoran untuk membeli makanan. Apalagi mengingat beberapa layanan pesan antar berbasis aplikasi sedang mengalami peningkatan yang baik.
Melihat perkembangan teknologi branding dan media sosial yang semakin canggih, membuat salah satu studio kreatif di Bintaro, Upmosphere Creative terlibat dalam pengelolaan konten media sosial untuk keperluan bisnismu. Upmosphere memiliki beragam varian jasa yang ditawarkan, mulai dari social media maintenance, visual branding, graphic design, hingga fotografi.
Berlokasi di Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Upmosphere bertujuan untuk menjawab kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui visual dan komunikasi yang baik. Apabila kamu berdomisili di wilayah Bintaro maupun Tangerang Selatan dan ingin menghidupkan brand-mu, bisa menghubungi Upmosphere melalui e-mail atau datang langsung ke lokasi. Enggak ingin dong brand kamu terlihat monoton dan kaku, bukan?
Upmosphere Creative
Instaprint Bintaro, Lt. 3, Ruko Kebayoran Arcade 5, Blok F3 No.2, CBD Kebayoran Boulevard, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan 15229
E-mail: upmospherecreative@gmail.com
Instagram: @upmosphere
Image: https://unsplash.com/@clemono
Sumber:
https://www.lalamove.com/indonesia/jakarta/id/blog/prediksi-tren-bisnis-kuliner
https://etalasebintaro.com/2020/04/26/tren-baru-bisnis-kuliner-saat-pandemi/